Minggu, 22 Juni 2014

THE SECRETS BEHIND OUR CHILDHOOD FAVORITE TV SHOWS

Who doesn't love secrets? Setelah minggu lalu gue udah menguak rahasia dibalik kisah film film Disney dengan mengungkap cerita aslinya, sekarang gue akan membuka rahasia lagi! But what secret? Hm.. masih ada hubungannya sama childhood. Ya, masa kecil kita lekat dengan yang namanya kartun di tv yang kebanyakan dari nickelodeon karena global tv dulu nayangin kartun kartun nickelodeon hingga mainan mainan yang sederhana tapi ngangenin. Gak kayak sekarang ya, anak anak kecil udah megang iPad dan alat elektronik dan kebanyakan gak bisa lepas dari game dan aplikasi lainnya. But anyway, our generation have the best childhood times, don't you think? Coba inget inget lagi apa yang menjadi bagian dari masa kecil kalian yang kalian kangenin. Well, salah sarunya acara tv bukan? Nah kali ini gue akan menguak rahasia dibalik beberapa acara tv favorit kita nih anak tahun 1990-2000 an baik kartun maupun live action! Yes, yes I'm going to ruin your childhood (again) but with a different way haha. Langsung aja ya ini dia ulasannya ....


1. The Rugrats


Angelica adalah orang yang benar-benar hidup di dunia nyata dan para Rugrats adalah bagian dari imajinasi Angelica dan itu adalah imajinasi yang tak terbayangkan!
Chuckie meninggal pada tahun 1997 bersama dengan ibunya, itulah sebabnya Chaz (ayah Chuckie) gugup sepanjang waktu...
Tommy lahir pada tahun 2000, tapi ia gagal dilahirkan.... itu sebabnya Stu (ayah Tommy ) terus-menerus di ruang bawah tanah membuat mainan untuk anaknya yang tidak pernah memiliki kesempatan untuk hidup...
The Devilles (ibu Phil dan Lil) melakukan aborsi pada tahun 2001, Angelica tidak tahu apakah itu akan menjadi anak laki-laki atau perempuan jadi Angelica menciptakan kembar...
PS: Gue udah mencari info tentang umur Phil dan Lil di Wiki untuk referensi artikel nostalgia kartun jadul Nickelodeon, dan anehnya... gue gak bisa menemukan info tentang umur mereka padahal umur tokoh utama lain tertulis dengan jelas. Apa mungkin karena mereka tidak pernah dilahirkan?

2. Hey Arnold


Arnold adalah anak laki2 yg tinggal di sebuah kota 'fiksi'. Kota itu sebenarnya adalah New York. Daerah kumuh di New York, sudah jlas bahwa Arnold tinggal di kampung orang2 minoritas. Ia hanya seorang yatim piatu malang yang tinggal dengan kakek neneknya, Gertie dan Phil. Well ia percaya ia adalah yatim piatu. Ia sebenarnya adalah anak dari orang yang ia ketahui sebagai kakek neneknya. Kakek neneknya memiliki gangguan mental dan memberitahu Arnold bahwa orangtua aslinya, yang usianya normal, mati dalam kecelakaan pesawat. Itu sama sekali tidak benar.
Karena Gertie dan Phil sudah tua saat mereka 'membuat' Arnold, ia lahir dengan beberapa keadaan. Salah satunya adalah hydrocephalus. Itulah kenapa kepalanya mempunyai bentuk yang aneh. Ada satu tipe hydrocephalus yang Arnold alami, kondisi tersebut disebut Arnold Chiari syndrome. Itulah alasan mengapa para pembuat kartun memanggilnya Arnold.
Gertie dan Phil sendiri mengalami gangguan mental. Hal ini terjadi karena usia mereka. Ini juga menjadi alasan mengapa Phil sering melakukan pelecehan seksual terhadap Arnold. Phil berkata kepada Arnold bahwa hal tersebut normal dilakukan oleh kakek nenek kepada cucunya.
Arnold sering diejek karena keanehan bentuk kepalnya. Ini adalah dimana kondisi Arnold yang lain muncul. Karena usia tua Gertie dan Phil, Arnold mengalami beberapa kondisi psikologi. Ini yang membuatnya melihat sesuatu yang seharusnya tidak ada. Karena ia sering di bully, ia kabur ke dunia imajinasi, dengan teman-teman khayalan. Itulah alasan mengapa karakter yang lainnya juga memiliki bentuk kepala yang aneh juga. Itu membuatnya merasa ia normal, dan tidak ada yang mengucilkannya karena kepalanya. Itu juga menjadi alasan mengapa Arnold percaya bahwa orangtuanya adalah kakek neneknya, dan bahwa orangtua kandungnya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Kondisinya ini membuatnya percaya bahwa ini adalah nyata.
Tetapi kenyataan dibalik serial ini lebih buruk. Ini benar" terjadi. Serial ini bercerita tentang anak laki" miskin yang tinggal di New York. Ini semua berdasarkan kejadian nyata. Ketika pembuat kartun ini tersesat di New York, ia secara tidak sengaja pergi ke daerah kumuh. Saat itu sudah larut, jadi ia memutuskan untuk menginap di sebuah hotel. Kemudian ia melihat anak laki' berusia 9 tahu, anak dari dua orang yang terlalu tua untuk memiliki anak. Ia melihat anak tersebut memiliki gangguan mental dan ia percaya pada semua hal yang ia buat. Pembuat kartun tersebut memutuskan untuk berbicara dengan anak laki-laki tersebut. Ia merasa sangat kasihan kepada nak itu ketika ia tahu bahwa ia hanya memiliki teman khayalan dan ia bisa mati jika tidak mendapatkan perawatan medik secepatnya. Ia merasa bahwa ia harus melakukan sesuatu. Jadi ia bertanya pada anak itu apakah ia dapat menceritakan kisahnya, dan ia memastikan bahwa hidup anak tersebut akan menjadi lebih baik.
Intinya filmnya dihentikan oleh Nickelodeon setelah semuanya ketahuan.

3.Phineas and Ferb

Dua orang anak berusia 8-10 tahun berkreasi di halaman belakangnya, kreasinya diatas batas kewajaran seorang anak pada umumnya. Mulai dari rollcoaster, robot raksasa, hingga gedung yang menjulang tinggi hingga kebulan.
Namun, pada alur dimana Candace, kakak dari Phineas dan ferb mengadukan ciptaan adik-adiknya tersebut kepada ibunya, selalu saja ciptaan yang megah itu menghilang. Selalu ! . Candace selalu merasa terganggu dengan kreasi adik-adiknya tersebut. Sehingga, dia selalu menunjukan watak jutek pada adik-adiknya. Candace selalu depresi ketika tidak mampu menunjukan kepada ibunya. Belakangan saya tahu bahwa, ciptaan besar itu memang tidak pernah ada,
Pembaca, sebenarnya serial kartun ini membawa pikiran kita dalam imajinasi seorang gadis yang menderita penyakit schizophrenia, yang tak lain adalah Candace Flinn.
schizophrenia adalah gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional dan tingkah laku.
Yang pada kisah nyatanya adalah seorang gadis bernama Candace Downing. Seorang gadis pintar kelahiran tahun 1993 di Rusia yang memiliki adik yang juga hyperaktif yang mengumbar hayalannya, adiknya memang sering membuat sesuatu tapi bukan sesuatu yang megah, seperti membuat sarang burung. tetapi, Candace merasa bahwa adiknya membuat hal lain yang biasanya berbahaya. Saking seringnya Candace menceritakan hayalannya tersebut. Ibunya khawatir, dan memeriksakan kesehatan Candace pada dokter Psikologi yang pada serial kartun digambarkan sebagai apoteker berjas lab jahat yang ingin menguasai tiga Negara bagian. Dr. Heinz Doofenshmirtz. Bahkan, platypus peliharaannya, Perry adalah agen rahasia yang ternyata adalah seekor anjing. Cukup hebat bukan imajinasi gadis ini?
Pengobatan ini hanya berkisar pada sebuah obat penenang, Zoloft. Namun, hayalan Candace semakin menjadi. kemudian dirinya menjadi ketergantungan. Meski sejak kecil Candace dikenal anak yang periang, dirinya cukup nervous ketika hendak masuk ke bangku SMP. Begitu tutur ibunya.

Sampai suatu hari, desember 2007, ketika ibunya datang ke kamarnya, dan histeris melihat Candace mati gantung diri. Usai pemakaman ibunya menemukan buku hariannya dan terharu betapa banyaknya cerita hayalan tentang adik-adiknya yang dia tuliskan. Lalu ibunya mengajukan untuk dibuatkan serial katun untuk mengenang putrinya tersebut. ibunya pun kini ikut serta dalam gerakan kepedulan problem social yang menyerang anak-anak dan bertekad untuk membantu anak-anak yang bernasib sama dengan putrinya yang kini telah wafat.

4. Teletubbies
Gue akan membahas rahasia dan makna sebenarnya yang disampaikan oleh acara ini melalui tokohnya secara satu persatu.
a. Tinky Winky
Dari suaranya, Tingky-Wingky adalah PRIA. Dia karakter paling bongsor berwarna ungu, dengan antena berbentuk segitiga terbalik. Karakter ini merupakan representasi dari kelompok gay!
Liat antenanya: Segitiga terbalik! Jika maskulinisme memiliki simbol segitiga tegak/piramid, sebagai representasi phallus/penis, maka kelompok gay bersimbol segitiga terbalik.
Representasi homoseksual oleh Tingky-Wingky makin dipertegas dengan barang favoritnya: Rok Tutu dan Tas tangan kulit merah!
Petanda-petanda tersebut menandakan apa? Menandakan bahwa dalam pandangan orang2 dewasa Barat, kelompok gay adalah kelompok pria2 yang keperempuanan atau feminin.
b. Dipsy
Dipsy adalah karakter pria kedua, dengan kulit coklat, bulu berwarna hijau, dengan antena tegak lurus dan barang favorit-nya adalah topi tinggi. Ia merupakan representasi dari pria Afro, atau mereka yang berkulit hitam.

Terus antena dan topi-nya nandain apa? Antena dan topi-nya menyimpan makna mengenai pandangan2 Barat mengenai orang Afro. Antena Dipsy yang tegak lurus menjadi representasi phallus/penis, dan topi Dipsy yang sering dilepas copot memiliki pesan dari common sense mengenai orang2 Afro: Bahwa penis mereka besar, mereka doyan seks, dan topi yang lepas-copot menjadi tanda bahwa orang2 Afro adalah eksibisionis, yang tidak malu menunjukkan kelamin mereka.
c. Laalaa
Nah, karakter ketiga Teletubbies adalah LaaLaa. Ia merupakan karakter wanita berkulit putih dengan bulu warna kuning, dan dengan antena Lambda, serta barang favoritnya adalah bola oranye besar. Jika Tingky-Wingky adalah representasi gay, maka LaaLaa merupakan representasi kelompok lesbian.
Hal ini dilihat dari antena-nya yang berbentuk Lambda. Coba googling deh simbol2 Lesbian, kalian bakal nemuin lambda terpampang disana! Lalu bola-nya LaaLaa? Ini menjadi pesan pemaknaan umum Barat terhadap Lesbian: mereka adalah wanita2 maskulin, kekar, macho! Kenapa? Karena bola adalah ikonik untuk segala hal yang bersifat jantan! (gak heran kan banyak cowo doyan bola? Literally)
d.Po
Ini dia karakter terakhir. Po, kayaknya sih cewe ya, adalah karakter paling kecil, dengan antena lingkaran berbatang (kind of ), bulu warna merah, dan barang favoritnya adalah skuter. Po merupakan representasi untuk orang2 Asia. Coba deh dengerin pas Po ngomong “scooter“… pronounce-nya yang dikeluarin adalah “skuta“! Ini adalah cara pengucapan orang2 Cina atau Jepang lho!
Dalam tradisi Asia, khususnya oriental,  lingkaran berbatang merupakan simbol dari Gerbang Keberuntungan. Barang kesayangan si Po ini, si skuter, terdapat pesan bahwa orang Asia adalah orang2 yang mobilisasi-nya cepet dan doyannya nyari untung. Orang Asia, dalam pandangan barat melalui Po ini, juga dicap sebagai orang yang keras kepala dan gak pernah mau pindah balik ke negara asal mereka. Darimana? Po merupakan karakter paling bandel dari seluruh Teletubbies! Beberapa episode menceritakan Po yang gak pernah nurut sama panggilan dari pipa yang bisa bersuara, “saatnya pulang”!

Holy Sh*t! Seriously?? My childhood is officially ruined by now! I totally run out of words. What do you guys think? Masih kangen dan tertarik buat nonton acara acara diatas? Personally, deep in my  heart I know I do still miss them, but after knowing the fact..... hmm let me take my time to consider it.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar